Sang Pemimpi


 Sang Pemimpi
          Pada film sang pemimpi tokohnya yaitu, Arai kecil diperankan oleh Rendi dan dewasa oleh Nazril Ilham. Ikal kecil yang diperankan oleh Zulfany dan remaja oleh Vikri dan dewasa diperankan oleh Lukman Sardi. Jimbron diperankan oleh Azwir. Zakia Nurmala, Ibu dan Bapak Ikal, dan guru-guru di sekolah Arai dan kawan-kawan. Film ini menceritakan tentang perjuangan anak-anak yang mengejar mimpi-mimpinya, anak-anak yang tidak mudah putus asa. Film ini merupakan lanjutan atau tetralogi dari film Laskar Pelangi. Pada film ini di awali dengan pertemuan Ikal dengan sepupuhnya yaitu Arai, Arai yang tinggal seorang diri setelah kedua orangtuanya telah tiada. Keluarga Ikallah satu-satunya kerabat keluarga Arai. Akhirnya orang tua Ikal membawa Arai untuk tinggal bersama Ikal. Dari situlah mereka menjalin sebuah persahabatan yang begitu kuat. Dan dari situlah awal hidup Ikal dan Arai yang baru akan segera dimulai. Orang tua Ikal menyekolahkan mereka di sekolah yang sama. Di Sekolah Arai dan Ikal bertemu dengan anak yang akhirnya menjadi sahabatnya yaitu Jimbron. Ikal, Arai dan Jimbron melanjutkan sekolah di SMA Manggar Belitung dan bekerja untuk mengumpulkan uang sebanyak-banyaknya untuk meneruskan sekolah ke Jakarta dan melanjutkan mimpi menginjakkan kakinya di Sorbonne, Perancis. Mimpi merekapun tak semudah membalikkan telapak tangan, cobaan terberat saat ayahnya Ikal di PHK dari PN Timah. Seketika mimpi mereka menciut. Hal yang sangat mengharukan saat pengambilan rapot Ikal dan Arai, Ayah Ikal tetap tersenyum saat mendapat posisi duduk paling belakang. Di sekolah itulah banyak cerita kisah percintaan mereka. Arai yang menyukai teman wanita sekelasnya yaitu Zakia Nurmala. Dan Jimbron dengan seorang wanita penjual susu.
           Setelah mereka lulus SMA Ikal terdampar sendirian di kosan perkampungan di daerah Bogor. Ia menjalani hari-harinya seorang diri tanpa Arai. Setelah Ikal lulus menjadi sarjana ekonomi UI, Ikal malah menjadi pegawai di kantor Pos. padahal pekerjaan yang dibenci Ikal. Pada suatu waktu Ikal dan Arai bertemu di suatu tempat, mereka sama-sama sedang mengajukan beasiswa. Dan pada akhirnya mereka dapatkan beasiswa itu.
            Pesan yang saya dapatkan dari film Sang Pemimpi yaitu sebuah pelajaran tentang berusaha keras tanpa putus asa untuk mengerjar mimpi-mimpi kita dan mewujudkannya. Jangan kita lihat seberapa besar mimpi yang ingin kita capai, tapi lihatlah seberapa besar usahamu untuk mencapai mimpimu.
             Tokoh yang diperankan oleh Arai kecil diperankan oleh Rendi dan dewasa oleh Nazril Ilham. Ikal kecil yang diperankan oleh Zulfany dan remaja oleh Vikri dan dewasa diperankan oleh Lukman Sardi. Jimbron diperankan oleh Azwir. Zakia Nurmala, Ibu dan Bapak Ikal, dan guru-guru di sekolah Arai dan kawan-kawan. Masing-masing memiliki karakter atau watak yang berbeda. Arai merupakan anak yang tangguh, setia terhadap persahabatan yang dijalinnya bersama Ikal dan Jimbron dan pantang menyerah, hidupnya diliputi oleh bayangan mimpinya untuk ke Paris. Ikal merupakan anak yang tabah dan pantang menyerah juga yang selalu ingin mewujudkan mimpinya bersama Arai, dan pendiam. Jimbron anak yang selalu mimpi tentang kuda-kuda yang kuat dan hebat, ia ingin memiliki kuda seperti itu. Anak yang sabar dan selalu menjadi penengah antara Ikal dan Arai jika sedanga ada persekutuan antara mereka. Zakia Nurmala merupakan wanita manis dan cantik yang disukai oleh Arai, dia gadis yang pintar, pendiam (pemalu), dan menyukai music. Ibu dan Bapaknya Ikal merupakan orang tua yang kuat, tangguh, pantang menyerah dan sabar. Selain itu selalu menerima disetiap keadaan. Dan guru-guru Ikal di sekolah merupakan guru-guru yang baik dan bijaksana yang selalu membantu mereka untuk mewujudkan mimpi-mimpinya.  

0 komentar: